Berlari Mengejar Mimpi

Monday, April 23, 2012

Arti Merah Putih bagi Seorang Eurico Guterres


Eurico Barros Gomes Guterres lahir di Uatulari (dekat Viqueque), Timor Timur tahun 1971 dengan 6 bersaudara dari seorang bapak petani dan ibu seorang rumah tangga biasa. Pada 1976 kedua orangtuanya dibunuh oleh TNI karena pandangan-pandangan mereka yang pro-Fretilin. Meskipun Guterres belakangan menuduh Fretilin sebagai penyebab kematian mereka, hal itu dilakukannya setelah ia berubah haluan dan mendukung Indonesia. Eurico yang masih muda dibesarkan oleh seorang warga sipil Indonesia, dan kemudian dikirim untuk belajar di sekolah Katolik Hati Kudus Yesus di Becora, Dili. Pada 1997 dengan ijazah SMA yang konon disediakan oleh militer, Guterres mulai belajar ekonomi di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang dikelola oleh Filomeno Hornay yang pro integrasi, dari sinilah terbentuknya milisi pro Integrasi/ pro Indonesia sampai akhirnya Ia dituduh terlibat dalam sejumlah pembantaian di Timor Timur, dan merupakan pemimpin milisi utama pada pembantaian pasca-referendum dan penghancuran ibu kota Dili.yang diketuai Dia.
Guterres adalah tertuduh utama milisi dalam Pembantaian di Gereja Liquiçá pada April 1999. Seorang Perwira dari Indonesia anti-pemberontakan, menaruh perhatian khusus terhadap kemampuannya, dan pada 1994 merekrutnya menjadi bagian dari Gardapaksi. Ini adalah sebuah organisasi yang memberikan pinjaman dengan bunga rendah untuk memulai usaha kecil, tetapi juga menggunakan mereka sebagai informan dan dalam satuan pro militer. Gubernur Abilio Soares sangat mendukung Gardapaksi, yang kemudian mempunyai catatan panjang dalam pelanggaran hak-hak asasi manusia. Ia bekerja sebagai seorang informan untuk Kopassus dan agen ganda terhadap gerakan kemerdekaan hingga ia dipecat pada sekitar 1990.
Dikala Dili sedang bergejolak, Eurico muda sedang kuliah, si saat kuliah itu seorang dosen mengatkan kepadanya “Kuliah untuk sementara libur, kalian disarankan untuk membuat kelompok tandingan atas masyarakat yang pro kemerdekaan”. Akhirnya bersama teman-temnnya Eurico membentuk suatu perkumpulan dari orang-orang yang mempunyai haluan sama dengan dia yaitu Pro Integrasi. Hingga akhirnya menjadi Milisi Pro Integrasi bersenjata. Nama Eurico Guterres mulai dikenal ketika terjadi peristiwa pasca jajak pendapat Timor Timur pada 1999 lalu. Kala itu warga Timor Timur terpecah menjadi dua. Mereka dihadapkan pada dua pilihan, antara menjadi warga Negara Timor Timur atau bergabung dengan Republik Indonesia. Konflik horisontal pun tidak terelakan lagi. Maka terjadilah peristiwa kerusuhan yang sangat memalukan di mata dunia internasional. Menurut data dari berbagai sumber, kala itu ratusan nyawa melayang dan ribuan warga kehilangan tempat tinggal.
Dunia internasional, terutama Amerika Serikat dan Australia menekan Indonesia melalui PBB untuk mengusut tuntas dalang pelaku kerusuhan itu. Bahkan negara adidaya itu mengancam akan membawa ke mahkamah internasional mereka yang terlibat kasus pelanggaran hak asasi manusia itu. Indonesia yang serba salah, akhirnya menjadikan Eurico Guterres, yang kala itu menyandang gelar Wakil Penglima pejuang pro Integrasi sebagai tersangka kerusuhan pasca jajak pendapat itu.
Banyak kalangan menilai, bahwa pemuda gondrong kelahiran Uatolari, Timor Timur, 4 Juli 1971 itu dikorbankan demi tekanan dunia internasional. Di tengah pro dan kontra waktu itu, Eurico Guterres dengan lantang dan jantan menyatakan siap dihadapkan ke pengadilan jika bersalah. Dan yang membuat banyak kalangan kagum adalah, sikap Guterres yang datang sendiri ke pihak berwajib. Tidak berbelit-belit, apalagi bersembunyi dan mengaku sakit ketika menjadi tersangka kasus korupsi seperti para tersangka yang akan ditangkap KPK baru-baru ini.
Melalui sidang pengadilan, Eurico Guterres akhirnya diganjar hukuman 10 tahun penjara. Dan ia manjalani hukuman itu di penjara Cipinang Jakarta hanya dua tahun. Guterres berhasil mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung, dan dalam prosesnya ditemukan bukti baru yang meringankan. Walau kini ia telah bebas, Guterres masih tidak mengerti mengapa ia sampai dijebloskan ke dalam penjara. Menurutnya, ia yang memihak negara yang dicintainya justru dijebloskan ke penjara. “Seandainya waktu itu saya memilih bergabung dengan Timtim mungkin saya sudah menjadi menteri” ujarnya sambil menerawang. Mungkin Eurico Guterres masih lebih beruntung (hanya dipenjara 2 th) bila dibandingkan dg Ir.Soekarno yang mati dipenjara bangsanya sendiri ( saat dipenjara oleh Belanda tdk sampai mati), Jend. Nasution (Bapak Angkatan Darat) jadi tahanan Rumah sampai uzur oleh mantan anak buahnya sendiri sesama AD. Gajah Madapun demikian jadi buron sampai uzur oleh kerajaan yang dia besarkan. Itulah suratan di tanah yg dilintasi oleh garis Khatulistiwa ini, kesalahan yang sama selalu berulang dari dulu. Sosok yang satu ini memang unik.
Kecintaannya kepada Negara Republik Indonesia tidak bisa diragukan lagi. Betapa tidak, demi membela Indonesia dan merah putih ia tidak hanya rela dijebloskan ke penjara Cipinang, Jakarta. Pria asal Timor Timur itu juga harus berpisah dengan anak dan istrinya yang memilih menjadi warga Negara Timor Leste ketika peristiwa jajak pendapat lalu. Semua pernak-pernik di tubuhnya pun berwarna merah putih, mulai dari cincin, kalung, topi dan lainnya, ketika ditanya adakah sesuatu tidak terlihat pada dirimu yang melambangkan merah-putih? Dia mengatakan “darah dan tulangku adalah Indonesia”
Pasca menjalani hukuman, Eurico Guterres kini mengisi kehidupannya dengan kuliah hukum di LP Cipinang yang diselenggarakan Universitas Bung Karno. Ia memilih kuliah hukum selain mengaku tidak mengerti hukum di Indonesia, juga karena cita-citanya yang ingin menjadi pengacara. Selain itu, Guterres yang kini memilih tinggal di Kupang, Nusa Tenggara Timur juga terjun ke dunia politik. Ia kini bersiap-siap menjadi calon legislatif dari Partai Amanat Nasional. Salah satu perjuangannya adalah memperjuangkan pengungsi Timor Timur yang hingga kini masih banyak yang telantar pasca peristiwa jajak pendapat dulu. Ketika kabar duka tentang meninggalnya mantan Gubernur Timor Timur(Timtim), Abilio Jose Osorio Soares di RSUD Prof WZ Johannes Kupang, sampai di telinganya, membuat batin terpidana pelanggaran HAM berat Timtim, Eurico Guterres terguncang di penjara Cipinang Jakarta.”Batinnya sangat terguncang ketika itu…Sambil mengepalkan tangan dan menengadah ke langit-langit penjara, ia mengatakan..Hukman, Abilio telah pergi,” demikian kata Guterres seperti dilukiskan oleh juru bicaranya, Hukman Reny, SH. “Saya melihat Eurico (Guterres) benar-benar berduka ketika mendengar kabar meninggalnya mantan Gubernur Timtim, Abilio Jose Osorio Soares.”Dia seperti kehilangan sesuatu yang sangat berharga…Kelopak matanya tampak sembab dan menerawang jauh sambil tak hentinya menghela nafas panjang kemudian berucap…Kenapa..kenapa… harus Abilio?,” tutur Hukman melukiskan keadaan jiwa Guterres yang juga mantan Wakil Panglima Pejuang Integrasi (PPI) pada saat itu.
Bagi Eurico Guterres, kata dia, kepergian Abilio ini merupakan sebuah kehilangan ganda yang sangat menyakitkan, karena dimata Eurico, Abilio adalah seorang pejuang dan tokoh masyarakat Timor Timur yang amat disegani dan dicintai masyarakatnya.
Eurico Guterres juga menganggap Abilio adalah seorang tokoh sekaligus orangtua yang memiliki sikap tegas dalam mempertahankan prinsip ke-Indonesia-annya.”Saya menyesal mengapa seorang Abilio yang masih kita butuhkan sebagai obor perjuangan, begitu cepat pergi”, kata Eurico seperti dikutip juru bicaranya.”Jujur saya katakan bahwa beliau adalah salah satu cermin perjuangan saya dalam mempertahankan Merah Putih di Timor Timur.
Saya banyak belajar dari Abilio mengenai prinsip dan kesetiaan perjuangan,” tambahnya.Eurico Guterres mengatakan, dengan kepergian Abilio, praktis tinggal Joao Tavares (mantan Panglima Pejuang Integrasi Timtim) yang menjadi “bapak” perjuangan masyarakat Timor Timur pro Indonesia.Hukman mengatakan saat ini Eurico Guterres sedang berusaha meminta izin dari pihak berwenang di Cipinang agar dirinya diperkenankan menghadiri pemakaman Abilio di Kupang.
Tetapi rupanya pihak berwenang tidak mengizinkannya. Eurico Guterres menikmati kebebasannya dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang pada Senin (7/4) setelah sempat tertunda karena urusan administrasi.
Sejak Senin sore, sekitar 50 pendukung Guterres tampak sudah menunggu pembebasan tokoh prointegrasi Timor-Timur itu di LP Cipinang. Di tengah guyuran hujan, Guterres meninggalkan LP Cipinang.
“Kita buktikan di lapangan, karena hanya bicara saja belum tentu membuktikan bahwa saya mencintai NKRI. Sebelumnya saya telah membuktikan kepada para pejuang integrasi dan saya tetap setia pada Republik Indonesia,” katanya di Jakarta, Rabu, pada acara syukuran atas kebebasannya.
Acara syukuran atas kebebasan Eurico Guterres tersebut diprakarsai oleh Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Prabowo Subianto.
Dalam acara yang dihadiri para simpatisan, aktifis, pengusaha, serta pimpinan HKTI termasuk salah satu ketuanya, Fadli Zon, Eurico menuturkan, ia rela meninggalkan tanah kelahirannya, sanak saudara dan harta, untuk kembali “pulang” ke pangkuan NKRI.
Ia berharap, semua pihak menghormati keputusannya.
Setelah bebas, Eurico berencana meneruskan kembali kuliahnya di jurusan hukum hingga mendapat gelar sarjana hukum. “Setelah ini saya mau ke Kupang dulu, kemudian balik ke Jakarta untuk menyelesaikan kuliah,” katanya.
Sementara itu, Prabowo mengatakan, acara tersebut dilakukan sebagai bentuk syukur atas bebasnya Eurico yang telah membela NKRI.
“Kita lakukan syukuran sebagai ungkapan terima kasih pada Tuhan. Sesungguhnya rakyat Indonesia mengakui perjuangan Eurico dan menghargainya. Mari kita sambut bebasnya Eurico,” katanya. Inilah satu tokoh yang dapat dicontoh bagi kaum muda dan generasi Republik Indonesia untuk lebih mencintai bangsa, mendahulukan kepentingan bangsa, semangat patriotis dan nasionalisme yang tinggi terhadap RI, menjunjung tinggi Pancasila UUD dan sang Saka Merah Putih, darah, keringat dan nyawa hanya untuk INDONESIA. Hai pemuda dan generasi bangsa ayo contoh Eurico Gutteres, segala hormat buat Eurico Guterres. FREEDOM.

3 comments:

  1. Hebat bang Eurico Guterres ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA IBU NURJANNA YANG PERNA DI BANTU SAMA EYANG GURU MASALAH EKONOMI SAYA,,COBA DI BACA ARTIKEL DI BAWA INI,SIAPATAU BISA MENGUBAH NASIB SAUDARAH SAUDARA KU YANG KESULITANG JUGA MASALAH EKONOMI,,,TANKSS TUMPANGANYA WASSALAM..

      Selamat Datang di Blog Nomor Togel Tembus :
      Izinkan kami membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!

      Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini:
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
      Jangan Anda Putus Asa…Anda udah berada Di blog yang sangat Tepat..
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja…
      Jika anda Membutuhkan Angka Gaib Hasil Ritual Dari Eyan Guru
      2D,3D,4D di jamin Tembus 100% silahkan:

      Adapun Besar Biayanya tergantung Paket Kami berikan :
      1, PAKET 2D : Rp 300,000
      2. PAKET 3D : Rp 700,000
      3. PAKET 4D : Rp 1,500,000
      4. PAKET 6D : Rp 2,500,000

      Semua Biaya diatas tidak sebanding dengan angka ramalan yang kami berikan…
      Tapi ingat setelah anda succes dengan angka ritual kami..
      sisikan sedikit buat orang yang membutuhkan nya…!!!
      Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka kami silahkan Anda:

      FORMAT PENDAFTARAN
      Kpd Yth!! Bpk/ibu
      Yang Sedang Dililit Utang Kami Atas
      Nama Team Nomor Togel Tembus
      Bersedia Membantu Anda Dengan Angka GAIB,
      Hasil RITUAL Sendiri, Cara Bergabung Jadi Member ?
      KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#
      Lalu Kirim Ke No Hp Kami : ( 0853 4646 0583 )

      NB : Sebelum Anda Memutuskan Untuk Bergabung,Perlu Anda Pahami
      Bahwa Angka Yang Di Berikan Bukan Angka Acakan Atau Rumusan...
      Tapi Melalui Ritual Yang Telah Di Akui Banyak Orang Dan Sangat Bermanfaat...
      Tidak Menjanjikan Yang Manis-Manis Apalagi Sesuatu Yang Pasti Kami Tdk Mendahului Yang Maha Kuasa (ALLAH WATAALAH).

      Call Di Nomer : +6285346460583
      EYANG-GURU
      Jaminan 5x Putaran Gol berturut-turut
      Cuma 2 Lubang Tanpa Bb
      Thank’s Kawan..Semoga Aja Jp Dan Sehat Selalu..!









      Delete